Learn to Cook (Belajar Memasak): Cincau Grass Jelly

Monday, August 8, 2011

Cincau Grass Jelly

Cincau , atau Daun jelly , adalah seperti jelly hidangan penutup yang ditemukan di Cina , Hong Kong , Taiwan dan Asia Tenggara . Hal ini dijual dalam kaleng atau paket di supermarket Asia .


CARANYA:

Cincau dibuat dengan merebus batang usia dan sedikit teroksidasi dan daun Mesona chinensis (anggota keluarga mint ) dengan kalium karbonat selama beberapa jam dengan pati sedikit dan kemudian cairan pendingin ke seperti jelly konsistensi. Hal ini jeli dapat dipotong menjadi kubus atau bentuk lain, dan kemudian dicampur dengan sirup untuk menghasilkan minuman atau dessert dianggap memiliki pendinginan ( yin ) properti, yang membuatnya biasanya dikonsumsi saat cuaca panas. Jeli sendiri memiliki rasa pahit sedikit, cahaya yodium lavender rasa, dan adalah hitam tembus. Hal ini juga dapat dicampur dengan susu kedelai untuk menghasilkan cairan putih susu dengan helai hitam di dalamnya.

DERAH KONSUMSI

Cina
Di Cina , cincau secara tradisional disajikan dengan sirup gula. Sekarang ini sering disajikan dicampur dengan bahan lain, seperti mangga , sagu , semangka , melon , dan buah segar atau kalengan lainnya, dan susu menguap.
Meskipun hidangan ini kadang-kadang disebut liangfen dalam bahasa Cina, tidak harus bingung dengan pati jelly Cina liangfen , yang merupakan hidangan yang sama sekali berbeda.

Indonesia
Cincau hijau Chao Kuai dijual di pasar Jalan Berjalan Minggu di Chiang Mai , Thailand
Di Indonesia , hitam jelly ( cincau hitam ) yang diproduksi sebagai bubuk instan, seperti jeli instan lain atau agar-agar. Bentuk ini lebih mudah digunakan. Hal ini dibuat dari daun Mesona palustris .

Dua tanaman lain yang digunakan di Indonesia adalah Melastoma polyanthum , yang dikenal sebagai cincau perdu, dan Cyclea barbata, yang dikenal sebagai Cincau Hijau atau hijau cincau.

Malaysia, Singapura dan Brunei
Plain cincau dicampur dalam berbagai jenis makanan penutup, seperti es kacang dan cendol . Hal ini juga dicampur dengan susu kedelai untuk menghasilkan cairan putih susu dengan helai hitam di dalamnya, minuman yang dikenal sebagai Michael Jackson di Asia Tenggara (referensi lucu warna kulit berubah Michael Jackson dan / atau lagu " Hitam atau Putih ".

Taiwan
Di Taiwan , cincau dikenal sebagai仙草(xian cao), dan digunakan dalam makanan penutup dan minuman berbagai. Kadang-kadang dapat ditambahkan ke Boba minuman dan es serut (雪冰). Hal ini juga biasa digunakan dalam minuman tradisional Taiwan, di mana jelly dipanaskan dan mencair untuk dikonsumsi sebagai minuman hidangan penutup tebal (仙草茶, harfiah Rumput Jelly Teh), dengan topping berbagai seperti Tangyuan , talas bola , kacang Azuki , dan tapioka .

Thailand
Di Thailand , cincau dikenal sebagai chao Kuai ( Thailand : เฉาก๊วย [tɕ ʰ aw kwɛ̌j] , [ meragukan - mendiskusikan ] ) dan umumnya disajikan relatif datar bersama dengan es dan gula merah alami . Selain itu, juga dapat disajikan dengan buah-buahan seperti nangka , buah kelapa toddy atau dicampur dengan makanan penutup Thailand lainnya.

Vietnam
Dalam bahasa Vietnam , rumput jelly Suong sao atau Thach Suong sao . Cincau dipotong dalam kubus kecil dan menjabat sebagai bahan tambahan dalam makanan penutup manis yang terbuat dari berbagai jenis kacang-kacangan ( che ). Ada dua jenis umum cincau di Vietnam yang Mesona sinensis Benth. - disebut Suong sao di Vietnam dan Tiliacora triandra disebut Suong sam di Vietnam (serta Suong sa atau Rau cau adalah nama untuk jelly terbuat dari berbagai jenis alga ).

Bahkan di seluruh dunia sekarang menyebar, contoh aja di Saudi Arabia, Food Island Corp-KSA dan Negara-Negara Lainnya.



CARA PRAKTIS:
  1. Membeli Cincau Grass Jelly yang sudah jadi, dibuka dan iris-iris sesuai selera,
  2. Panaskan 2 gelas air hingga mendidih/masak,
  3. Masukan kedalam air mendidih Gula Putih secukupnya, sesuai selera, dan kucek dikit hingga menyatu,
  4. Dinginkan Air yang sudah tercampur Gula tadi.
  5. Masukan irisan Cincau Grass Jelly,
  6. Simpan di Coolkas agar dingin.
Siap dihidangkan!.....
Tinggal nunggu Maghrib .... sambil didinginkan bisa kerja yang lainnya....
Selamat mencoba!.

No comments:

Post a Comment